Jumat, 31 Maret 2017

Tahapan Sederhana bagi Anda yang Ingin Merenovasi Rumah


Mewujudkan rumah hunian yang nyaman, indah, dan sesuai dengan keinginan tentu harus melalui proses yang tidak instan. Bagi Anda yang memiliki keuangan bulanan yang belum stabil, pilihan renovasi rumah tetap bisa Anda lakukan, asal dilakukan secara bertahap dan terstruktur. Merenovasi rumah tanpa tahap, justru bisa menjadi boomerang bagi Anda sendiri. Karena Anda pasti akan mengeluarkan uang berpuluh-puluh juta  untuk pembelian toilet, keramik, bahan-bahan bangunan, serta membiayai tenaga tukang. Lalu, apa sajakah yang sebaiknya Anda lakukan saat merenovasi rumah secara bertahap ? Berikut ulasan kami untuk Anda !

1. Prioritaskan ruang
Menyusun skala prioritas menjadi sangat penting bagi Anda yang ingin merenovasi rumah secara bertahap. Tentukanlah ruang-ruang vital yang harus Anda renovasi terlebih dahulu, seperti kamar mandi dan kamar tidur. Dengan menentukan urutan ruang yang ingin Anda renovasi, Anda bisa menyiapkan budget secara berkala.

2. Tentukan desain ruang
Setelah memilih ruang mana saja yang menjadi prioritas Anda untuk direnovasi, sekarang waktunya untuk merancang desain ruang yang Anda inginkan. Mulai dari ukuran ruang, interior pendukung ruangan, penempatan ruang, sampai dengan tema /warna cat dinding yang akan Anda gunakan. Telusuri berbagai macam sumber, mulai dari majalah, pinterest, dan informasi dari orang-orang di sekeliling Anda.

3. Menyusun anggaran
Ketika Anda ingin merenovasi rumah secara bertahap, mulailah realistis dalam menyusun anggaran. Pastikan berapa banyak biaya yang mampu Anda alokasikan untuk merenovasi per-bagian ruangan rumah. Setelah itu, pilihlah bahan-bahan sesuai dengan kebutuhan. Tidak selamanya barang mahal itu bagus untuk Anda. Namun tidak berarti barang murah juga lebih baik. Semuanya bergantung pada setiap kebutuhan dan anggaran yang Anda alokasikan.

4. Memilih penyedia jasa renovasi
Untuk memudahkan pekerjaan Anda, konsultasikan apa saja yang Anda bingungkan kepada penyedia jasa yang terpercaya. Peran dari penyedia jasa tersebut akan sangat diperlukan, karena renovasi rumah memerlukan ketelitian, ketepatan dan diperlukan tanggungjawab besar untuk bisa selesai sesuai tenggang waktu tertentu. Jangan sampai renovasi Anda terbengkalai dan tidak tuntas sampai akhir hanya karena Anda salah dalam mengelolanya. Anda tidak perlu takut dengan masalah anggaran yang membengkak jika memakai jasa renovasi. Bersama sang kontraktor, Anda bisa menyesuaikan anggaran yang mampu Anda penuhi dengan anggaran hasil rancangan sang kontraktor.

5. Pastikan kontrak kerja sedari awal
Perjanjian kontrak kerja pada penyedia jasa harus dilakukan dan ditetapkan di muka. Anda bisa memilih jasa renovasi rumah dengan sistem kontrak harian ataupun sistem borongan. Semuanya bergantung dengan kebutuhan dan perencanaan Anda. Namun jika Anda mengalami kebingungan dalam memilihnya, konsultasikan saja pada penyedia jasa tersebut.

Salah satu marketplace yang bisa membantu Anda memilihkan penyedia jasa renovasi rumah yang terpercaya adalah Sejasa.com. Melalui situs tersebut Anda akan mendapatkan layanan konsultasi secara gratis.

Semoga panduan singkat ini bisa memberi pengetahuan yang cukup bagi Anda yang ingin merenovasi rumah secara bertahap dan sesuai dengan perencanaan.


EmoticonEmoticon