Kamis, 05 Oktober 2017

5 Keuntungan Jangka Panjang Investasi Properti bagi Generasi X

Hai generasi milenial! Masih sering sibuk dengan gawai (gadget) dan cuek dengan lingkungan sekitar Anda? Sebagai generasi dengan tingkat produktivitas tinggi, sudah saatnya Anda berkarya untuk negeri. Pembangunan infrastruktur dan lainnya telah banyak dipelopori orang-orang seusia Anda, tidakkah Anda minder ? Bahkan kontrakan rumah selama kuliah pun masih dibiayai orang tua. Benar ?

Generasi milenial memang masih kerap bingung menentukan jati diri dan passion hidupnya. Nah untuk Anda yang telah meraih kesuksesan dalam berkarir, prestasi akademik dan organisasi, tak ada salahnya mencoba membahagiakan generasi X, orang tua Anda, dengan menghadiahkan properti berupa rumah kontrakan yang memberi keuntungan jangka panjang pada mereka. Apa saja keuntungannya? Simak ulasannya berikut ini.

Investasi Properti

Market Luas
Bisnis kontrakan cenderung memiliki market lebih besar dibandingkan dengan kos-kosan. Jadi jika Anda menyewakan rumah dengan model kontrak, berarti rumah yang Anda sewakan berlaku untuk rentang waktu tertentu: 3 tahun, setahun, atau 6 bulan. Jadi dari rumah yang Anda kontrakkan, Anda menerima uang sewa di muka dengan jangka waktu tersebut.

Anda bisa memutar cash flow uang yang Anda peroleh ini untuk kebutuhan atau investasi properti berikutnya. Jadi bukan hanya untuk hadiah orang tua, Anda bisa memperdalam bisnis properti untuk hari tua Anda.

Harga Terus Meningkat
Harga sewa kontrakan sebuah rumah biasanya mengalami kenaikan minimal 5 persen dari harga sewa tahun sebelumnya bahkan tidak menutup kemungkian bahwa harga dapat naik lebih daripada itu. Kenaikan ini biasanya dipengaruhi oleh lokasi rumah kontrakan itu sendiri.

Dari perkembangan dan fakta yang sudah terjadi di lapangan, bisnis di bidang kontrakan sangat menguntungkan karena harga sewa terus meningkat setiap tahunnya. Anda dapat mendiskusikan kenaikan harga sewa ini dengan pengontrak, sesuai kenaikan harga yang sedang terjadi, seperti kenaikan biaya listrik, harga sembako, atau semacamnya.

Pembayaran di Muka
Salah satu kelebihan dari kontrakan rumah adalah sistem pembayaran yang dilakukan di muka. Jadi Anda atau orang tua Anda dapat meminimalisir waktu kontrol tagihan, tidak harus setiap bulan seperti kos-kosan. Terlebih jika ada penyewa kontrakan yang nakal/tidak disiplin di dalam administrasi pembayarannya, terkecuali alasan tertentu yang bisa diterima seperti kiriman orang tuanya belum sampai.

Sistem pembayaran di muka ini juga membuat Anda memiliki tabungan untuk kebutuhan sehari-hari sekaligus berjaga-jaga terhadap kerusakan yang terjadi di kontrakan. Anda tidak perlu menunggu sebulan (saat pembayaran sewa bulanan seperti kos-kosan) untuk mendapatkan dana yang akan dialokasikan khusus untuk perbaikan di kontrakan tersebut.

Waktu Kontrol Fleksibel
Anda tidak harus meyediakan waktu khusus seperti melakukan kontrol bulanan ke kontrakan. Cukup sesekali disesuaikan dengan waktu luang Anda untuk mengecek kondisi kontrakan, apakah ada kerusakan yang memerlukan perbaikan-perbaikan, misalnya kerusakan keran di kamar mandi, listrik atau pengontrak yang kehilangan kuncinya sehingga perlu kunci cadangan Anda.

Orang tua Anda yang merupakan generasi X tentu memiliki keterbatasan gerak dan kesehatan yang sudah tidak bisa disamakan dengan generasi Anda, generasi milenial. Oleh karena itu, dengan waktu kontrol yang bisa disesuaikan dengan kemampuan mereka, maka kesehatan mereka pun tetap terjaga dan kontrakan pun tetap aman terkendali.

Perawatan Lebih Simpel
Perawatan lebih simpel karena pengontrak yang tidak hanya menyewa kamar, tapi keseluruhan rumah. Selain kamar khusus pengontrak, kontrakan rumah biasanya harus dibangun dengan ruang tamu, kamar madi, ruang tengah, dapur, teras, kebun, dan fasilitas lainnya seperti di rumah asli pengontrak.

Anda tidak perlu mendesain dalam bentuk petak seperti kos-kosan. Jadi cukup berupa rumah sederhana dengan banyak kamar dan fasilitas yang mencukupi. Dengan begitu, Anda sudah dapat membangun kontrakan untuk pelajar dan mahasiswa yang membutuhkan. 

Jika Anda ahli desain interior, Anda bisa menambah selling point dengan memberikan fasilitas dalam kamar berupa hiasan dinding menarik, rak buku yang menggantung atau wallpaper bermotif ceria sehingga kontrakan Anda terkesan lebih kekinian.

Berdasarkan survei, properti yang paling banyak dicari secara berurutan adalah rumah sewa/kontrakan (terutama sewaan asing), apartemen (terutama yang sudah ada penyewanya), kos-kosan, gedung komersial, serta rumah yang ada bisnis di dalamnya. Nah dengan menyediakan properti yang paling dicari, maka Anda akan memperoleh keuntungan berkela yang jika diakumulasikan, dapat dilakuakan cash flow untuk membangun kontrakan lain.

Sebagai salah satu properti sewa, kontrakan rumah memang kerap memerlukan perawatan dan penjagaan yang melibatkan pelajar dan mahasiswa sebagai pengontrak. Oleh karena itu, buat peraturan tentang perawatan bersama untuk meringankan kedua belah pihak, yaitu mereka dan orang tua Anda. Nah, selamat berbisnis kontrakan rumah bersama generasi X ya, generasi milenial !


EmoticonEmoticon