Senin, 16 Oktober 2017

Kerajinan Batik di Indonesia Berbagai Macam Kreativitas

Ikat Pinggang Batik

Salah satu kerajinan khas Indonesia yang kemunculannya patut diperhitungkan bernama yaitu batik. Busana batik memang dikenal penuh karakter. Khususnya dalam pementasan seperti tari, bahkan saat menggunakan pada acara-acara tertentu. Sekaligus untuk mengenalkan pada keluwesan batik pada para audien. Seni tari memang tidak selalu pakai busana batik juga. Terutama tarian modern seperti breakdance tentunya.

Namun ada hal yang cukup krusial. Penggunaan batik tidak melulu selalu soal pakaian. Bedanya batik konvensional dengan batik modern bisa ditilik dari segi ini. Keleluasaan jangkauan penggunaan tidak terlepas dari berbagai kreativitas pengrajinnya. Gara-gara ini pula, nilai jual batik menjadi tinggi dan tidak ada matinya.

Ikat pinggang masa kini mulai tampak berbeda ketimbang tahun sebelumnya. Ikat pinggang iniyang paling umum itu pasti dibuat dari kulit dan ada catokannya. Tapi sekarang beda-beda. Para gadis muda bisa  sekarang memakai ikat pinggang untuk keperluan mempercantik tampilan. Paling cocok itu kalau dipadukan juga dengan long dress ataupun rok. Tidak hanya itu saja bahkan batik ini juga bisa tampil trendi setelah berhasil menjadi motif dasar berbagai tas yang unik di Indonesia. Tas batik juga cocok untuk segala macam kegiatan saat sekolah, ke kantor, bahkan jalan-jalan. Misalnya saja untuk kebutuhan sekolah, kerja di kantor, bahkan untuk urusan fashion tas batik tetap memiliki tampilan menawan. Terutama kalau Anda menyesuaikan tas batik dengan pakaian yang tengah dipakai sekarang ini. Ada yang lebih unik lagi ternyata mungkin yang ini belum banyak tahu. Layang tidak hanya bisa dibuat oleh dari plastik dan kertas, tapi bisa juga dijahit dengan kain batik. Layang-layang batik merupakan kesenian asli Indonesia yang layak dipertahankan. Mengingat saat ini popularitas layang-layang yang begitu hampir tenggelam gara-gara dominasi aneka permainan berbasis video dan modern menjadi permainan tradisional yang tren saat dulu kini mulai ditinggalkan bahkan hanya orang-orang tertenu yang masih memainkan laying-layang ini

Pada Kegiatan membatik perlu pembimbingan secara khusus apalagi untuk membuat kreativitas lainnya. Jika Anda penasaran dan berminat membatik dengan tangan sendiri, bisa langsung coba saja bahkan untuk lebih memudahkan bias dengan belajar yang sudah dengan ahlinya. Mungkin cara terbaiknya dengan mencari guru membatik di daerah sekitar. Semoga Bermanfaat !


EmoticonEmoticon