Rabu, 07 November 2018

Biaya-Biaya Tambahan Yang Bikin Orang Ogah Pakai Kartu Kredit

Memang pengguna kartu kredit saat ini semakin tinggi. Khususnya bagi mereka yang suka belanja branded. Tentu mereka sangat membutuhkan Kartu Platinum karena kartu kredit yang satu ini diperuntukkan mereka yang suka beli barang branded dari luar negeri, misalnya.



Namun, harus diakui tingkat permintaan kartu kredit masih sangat kecil jika dibandingkan dengan negara tetangga. Kenapa ini bisa terjadi ?

Ternyata, salah satu faktor utamanya adalah pemahaman yang kurang tepat mengenai kartu kredit. Masih saja ada orang yang merasa kartu kredit itu membebani. Hal ini bisa disebabkan karena pengalaman atau juga review dari beberapa pengguna kartu kredit sebelumnya yang memang kurang bijak dalam menggunakan kartu kredit.

Kartu kredit akhirnya dianggap membebani lantaran pengguna tidak memperhatikan biaya tambahan yang dibebankan kepada mereka. Padahal, biaya-biaya tersebut bisa dihindari lho. Dan jika Anda bisa melakukan hal tersebut, maka Anda tidak akan merasa terbebani dengan menggunakan kartu kredit. Sebaliknya, Anda akan merasa terbantu.

Biaya Yang Seharusnya Bisa Dihindari 
Setidaknya ada 12 biaya kartu kredit yang harus Anda ketahui. Ada biaya yang memang wajib Anda bayar karena sebagai pengguna itu adalah kewajiban yang harus Anda penuhi. Namun, ada biaya yang sebenarnya bisa Anda hindari. 

Apa saja itu ?

Biaya Over Limit
Banyak orang yang kaget karena ternyata mereka mengalami kelebihan pemakaian atau yang sering disebut dengan over limit. Memang tidak banyak biaya yang akan dibebankan kepada Anda. Ini tergantung kartu kredit yang Anda gunakan. Jika Anda menggunakan Kartu Kredit Platinum misalnya, Anda akan dikenakan biaya over limit sebesar Rp 200.000.

Tidak mahal, kan ? Akan tetapi, jika Anda terus menerus mengalami kelebihan pemakaian, tentu saja Anda akan terbebani. Oleh sebab itu, pastikan Anda cek penggunaan kartu kredit Anda dan jangan sampai Anda menggunakan di atas batas yang sudah ditentukan.

Berapa limit penggunaan kartu kredit ? Ini tergantung kartu kredit yang Anda pilih.

Biaya Keterlambatan 
Karena Anda menggunakan fasilitas kartu kredit ini, Anda harus membayar bulanan, yaitu membayar cicilan setiap bulannya. Jika terjadi keterlambatan dalam pembayaran ini, Anda akan dikenai denda.

Dendanya bervariasi. Namun, rata-rata denda yang ditetapkan sekitar 3% dari total tagihan. Lumayan kan jika tagihan Anda cukup tinggi ?

Biaya Tahunan
Apakah ini termasuk biaya yang bisa dihindari? Mungkin saja. Contohnya saja jika Anda daftar Kartu Platinum sekarang. Maka biaya tahunan pertama akan dibebaskan. Hanya satu tahun pertama saja ya.

Untuk tahun berikutnya, Anda hanya perlu membayar biaya tahunan sebesar Rp 750.000 untuk kartu utama dan Rp 300.000 untuk kartu tambahan. Biaya yang tidak begitu besar jika dibandingkan dengan kemudahan dan fasilitas yang ditawarkan.

Nah, sebagai pemegang kartu kredit, Anda harus benar-benar bijak ya. Dengan demikian, Anda akan benar-benar merasakan manfaat dari kartu kredit, bukan justru sebaliknya. Kartu kredit menjadi sumber malapetaka masalah ekonomi Anda.

Biaya-Biaya Yang Wajar dan Tidak Memberatkan 
Sudah tahu kan biaya apa yang sebenarnya bisa dihindari ? Sekarang, Anda bisa lebih tenang jika memutuskan untuk daftar kartu kredit. 

Hanya ada beberapa biaya yang wajar dan sama sekali tidak memberatkan. Contohnya saja biaya tahunan. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, biaya tahunan itu berbeda-beda. Untuk Kartu Kredit Platinum, biaya tahunnnya Rp 750.000. Dan biaya ini dibebaskan di tahun pertama.

Selain itu ada juga biaya materai. Karena butuh pengesahan seperti ketika Anda membayar tagihan, maka ada surat yang perlu dibubuhi materai. Nilainya tidak besar kok. Hanya Rp 3000 atau Rp 6000, tergantung berapa jumlah tagihan yang akan Anda bayar.

Selanjutnya adalah biaya tarik tunai yang sebenarnya juga bisa Anda hindari. Kecuali jika Anda tidak punya cash sementara Anda berada di sebuah tempat di mana Anda harus melakukan transaksi cash. Mau tidak mau, Anda harus menarik uang lewat ATM, kan ?

Dan jika Anda tidak punya cukup uang di ATM, Anda bisa kok gunakan kartu kredit. Dan biaya tarik tunai kartu kredit tidak tinggi. Rata-rata, biayanya 3-6 % dari jumlah uang yang Anda tarik. 

Memilih Kartu Kredit Disesuaikan Dengan Kebutuhan
Sebenarnya, kuncinya hanya satu. Asalkan Anda bijak dalam menggunakan kartu kredit, Anda tidak akan membuat kartu kredit menjadi beban. Dan ini harus diawal dengan satu hal, yaitu memilih kartu kredit yang tepat.

Bank HSBC mengeluarkan beberapa jenis kartu kredit sesuai dengan kebutuhan. Kartu Visa Signature dibuat untuk mereka yang suka travelling. Sementara itu, Kartu Cashback untuk yang suka belanja, terutama belanja online. Kartu Platinum khusus untuk mereka yang suka hunting belanja barang branded import ataupun lokal.

Kira-kira kartu apa yang Anda butuhkan ? Ini pertanyaan yang harus Anda jawab pertama kali. Jangan asal memilih kartu kredit lantaran biayanya murah atau Anda memenuhi syarat. Tentukan dulu tujuan Anda daftar kartu kredit. Untuk apa kartu kredit Anda miliki. Dari pertanyaan sederhana ini, Anda tidak akan salah dalam memilih kartu kredit. Dan ketika Anda sudah memegang kartu kredit, Anda pun akan semakin mudah untuk mengontrol diri dan bijak dalam menggunakan kartu kredit.

Sebenarnya, semua produk bank itu tujuannya sama, yaitu mempermudah masyarakat. Dengan adanya kartu kredit ini misalnya, orang tidak perlu lagi repot-repot mengajukan persyaratan untuk meminjam. Dengan Kartu Platinum, kapanpun dan di manapun, mereka bisa menggunakannya.


EmoticonEmoticon